Kamis, 22 Maret 2018

Tutorial SplashScreen Android Studio

Postingan ini dibuat sebagai Tugas dari Mata Kuliah Pemrograman Mobile teori.
Nama       : Mardani Yusup
Nim         : 515 0711 114
Prodi       : Teknik Elektro

Android Studio merupakan Google IDE untuk pengembangan aplikasi Android. Android studio menyediakan template aplikasi. Sebagai tambahan. Android Studio memiliki tool untuk development, debugging, testing, dan performance  yang memberikan kemudahan keceptan dalam membangun aplikasi. Apabila ingin melakukan tes aplikasi dapat menggunakan emulator atau secara langsung menggunakan perangkat mobile.
untuk kali ini saya ingin memberikan tutorial pada Android studio yaitu membuat splashscreen, apa sih splashscreen? yaitu tampilan awal yang muncul pada saat membuka aplikasi, splashscreen biasannya digunakan untuk "Branding" dari aplikasi tersebut. Bagaimana tutorialnya langsung saja :

1. Bukalahh aplikasi android Studio-nya, saya membuat projek dengan nama splashscreen. lalu buatlah activity baru dengan nama splashscreen. untuk memperbagus aplikasi saya menambahkan gambar background.dengan menuliskan syntak pada splashscreen activity.xml.

2. setelah kita tulis pada Splashscreen activity.xml tadi, lalu kita ubah pada android manifestnya, agar splashscreen activity ditampilkan diawal sebelum ke activitymainnya. dengan syntak pada android manifest


3. Lalu kita edit lagi pada, SplashscreenActivity.java untuk mengatur timing step down splashscreennya, disini saya menggunakan waktu 5detik, jadi pada java dituliskan 5000 dimana membacanya 5ms pada java.

4. Setelah itu saya menambahkan aplikasi setelah splashscreen, aplikasi yang saya buat yaitu counter, lalu tambahkan Button, TextView, dan Button lagi, saya menggunakan 2 button sebagai tombol untuk counter Up, dan Toast untuk menurunkan angka. masukan syntax berikut pada activitymain.xml.

5. Lalu menuliskan syntak pada MainActivity.java untuk menambahkan handler oonClick sebagai tombol countUp tadi. syntax sebagai berikut.

 
6. Setelah itu selesai, tinggal kita run dan jalankan aplikasi bisa menggunakan emulator atau menggunakan perangkatnya secara langsung.

Berikut video aplikasi yang sudah diinstal pada perangkat smartphone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar